Minggu, 30 Desember 2012

TUHAN

Tuhan...
Engkau lah yang memutar bumi...
Engkau lah yang memberi cahaya pada matahari...
Engkau pula lah yang mencipta bulan dan bintang...

Tuhan...
Hanya engkau yang menciptakan malam...
Hanya engkau yang membuat siang...
Dan hanya engkau yang mengatur semua nya...

Tuhan...
Kepadamu semua makhluk menyembah...
Kepadamu pohon - pohon berdoa...
Dan kepadamu lah binatang bersujud...

Tuhan...
Kasih mu yang telah menghidupkan kami...
Kasih mu yang meneduhkan kami...
Dan kasih mu lah yang melindungi kami...

Tuhan...
Terima kasih atas semua nya...
Terima kasih atas semua nikmat yang kau beri...
Dan Terima kasih atas cinta dan kasih yang kau beri...

BORE UP? Gak Perlu Mahal Lagi


Saat ini banyak sekali motor – motor yang melakukan bore, baik pemaikaian harian maupun untuk balap di ajang resmi ataupun pun balap liar, dan hal yang paling pertama kita lakukan pasti memboreup motor kita agar tenaga yang di hasilkan meningkat dari bawaan dari dealer nya. Dulu mungkin untuk memboreup motor memerlukan biaya yang cukup besar dan waktu yang lama, tetapi setelah ada produsen alat – alat penambah performa motor mulai lah boreup motor lebih banyak di kenal dan di buat dengan harga yang cukup murah untuk meningkat kan performa tersebut, untuk kali ini saya akan memberikan tips untuk memilih alat – alat boreup untuk motor kita sendiri.

Pertama adalah boreup kit menggunakan produk TDR, produk ini memang sudah banyak mengeluarkan part – part racing untuk motor, di tambah dia mengeluarkan boreup kit untuk motor mio dan Jupiter mx, dengan memakai bahan yang cukup baik dan bagus produk ini memang sangat terkenal di kalangan pecinta balap motor dengan harga yang cukup murah antara 500 ribu sampai 1 jutaan, produk ini yang menjadi produk laris manis.

Yang kedua adalah produk boreup kit dari kawahara, ini adalah salah satu produsen lokal yang cukup sukses karena menggunakan bahan dan materi yang gak kalah dari produk luar. Dengan menggunakan mesin yang cukup presisi dan tepat, mangakanya produk ini juga merupakan salah satu produk yang laris manis dengan kisaran harga 600 ribu sampai di atas 1 juta tergantung dari jenis motor dan besar piston yang akan di pakai.

Lalu yang ketiga adalah produk – produk impor lain seperti merek jiso, racing boy, koso dan lain nya yang lalu lalang di Indonesia. Memang produk ini belum cukup terkenal, tetapi produk ini sudah banyak di pakai di kalangan pembalap kelas menengah, dengan range harga 500 ribu sampai di atas 1 juta produk ini juga layak untuk di perhitungkan.

Job Photographer Pertamaku


Pada bulan desember ini tepat nya tanggal 18 kemarin saya di tawarkan untuk menjadi photographer di acara nikahan kakak nya teman ku. Ajakan itu pun di saya terima dari mulai akhir November lalu, karena dya memang teman sedari kecil saya, saya pun lalu langsung menerima nya tampa rasa terpaksa.

Pada 1 hari sebelum hari akad nikah, saya mencoba untuk mengetes camera saya, saya menggunakan camera canon tipe EOS 1100D yang mungkin memang camera untuk para pemula, lalu saya mencoba untuk mencari spot – spot yang bagus untuk mengambil gambar, dengan sebuah tripod sederhana saya mulai memotret keadaan sekeliling sebelum acara nikahan berlangsung pada esok hari nya.

Lalu hari yang di tunggu pun datang, mulai dari pukul 7 pagi saya sudah bersiap di tempat pernikahan sambil menunggu rombongan besan dari mempelai lelaki datang. Dengan segala persiapan yang sudah matang saya langsung mempersiapkan camera saya agar nanti bisa langsung di pakai. Sambil memnunggu rombongan datang pun saya kembali mencoba camera saya dengan memotret keadaan sekeliling. Lalu rombongan besan yang di tunggu pun datang, saya langsung bergegas mengambil gambar. Sesudah mengambil beberapa gambar, saya pun langsung merubah mode camera saya menjadi mode merekam, untuk merekam acara ijab Kabul. Lalu semua proses pun berjalan lancer sampai malam hari nya.

Lalu kebesokan hari nya, saya memberikan hasil dari camera saya ke kakak nya teman saya untuk nanti nya di cetak, setelah memilihi – milih foto mana yang bagus untuk di cuci lalu saya pun langsung berangkat ke tempat pencucian foto. Lalu setelah semua nya selesai saya di beri upah oleh kakak nya teman saya, walaupun hasil nya tidak terlalu besar, tetapi pengalaman lah yang saya cari untuk memantapkan diri di dunia photographi 

Sabtu, 29 Desember 2012

Cara Memilih Oli Motor


Oli merupakan salah satu part terpenting dalam suatu motor, tetapi pada saat ini banyak sekali produsen oli – oli motor yang menawarkan berbagai macam jenis oli dengan kualitas dan harga yang bervariasi, untuk itu dari pada bingung untuk memilih nya, saya kali ini akan membahas kegunaan oli untuk macam – macam motor.

1. Oli mesin jenis tipe motor 2 tak
Untuk Sepeda motor 2 tak sudah tersedia jenis2 oli khusus biasanya juga memakai oli samping ini karena pergerakan piston tergantung pada oli samping bersamaan bensin untuk melumasi. Jenis oli samping yang mengandung castor seperti motul 510 2T / Shell advance vsx 2T sangat cocok. Karena oli tersebut tetap cair di suhu mesin yang tinggi pada putaran atas. Kode oli yang pas biasanya 20w-50, untuk sport bisa 10w-40 oli ini lebih encer.

2. Oli mesin jenis motor tipe matic
Motor matic agak berbeda dengan motor manual sistem mesinnya . Jika oli mesin motor  motor melindungi tiga area penting yaitu mesin, gearbox dan kopling. Sedangkan motor matik menerapkan sistem yang beda dengan motor manual. Kalau dicari-cari kopling dan gearboxnya motor matik, ya…sistem CVTnya itu. Tau sendirikan CVT itu pakai sistem kering, alias tanpa pelumasan. Jadi motor matik hanya perlu oli di area mesin, yaitu area kruk-as, setang piston dan sekitarnya.

Terus apa bedanya? Yang jelas oli matik ini lebih licin n encer dari oli motor biasa. Oli yang cocok khusus tipe matic ini berlisiensi JASO MA, artinya low-friction karena tidak melumsi kopling. Dan kebanyakan kekentalannya menggunakan SAE 10-40.
Karena motor matik yang tidak perlu melumasi kopling dan cenderung bermain pada putaran tinggi terus, dengan menggunakan oli yang lebih licin dan encer maka oli lebih cepat bersirkulasi dan dapat mengrangi panas akibat gesekan. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk sebaliknya. Dapat dipastikan jika motor bertransmisi manual tidak dapat memakai oli khusus matik ini. Karena kopling akan mengalami slip karena sifatnya yang low-friction tadi. ( diambil dari www.temanmatik.blogspot.com)

3. Oli mesin jenis motor tipe bebek manual
Untuk oli mesin motor bebek manual tidak terlalu dipermasalahkan sudah banyak di pasaran dengan berbagai macam harga. Ada jenis oli smineral dan sintetik tentunya oli jenis sintetik labih bagus daripada mineral oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral juga lebih tahan panas oleh karena itu oli sintetis harganya lebih mahal dari mineral, oli 800 ml sintetis sudah banyak dipasaran seperti Top 1, enduro 4t 800 ml, dengan kode 20w-50. Oli mineral yang bermerek biasanya juga bagus tergantung selera dan kecocokan karakter motor masing-masing.

4. Oli mesin jenis motor tipe kopling manual
Pada umumnya motor kopling manual menggunakan oli mesin 1 L . Kode yang direkomendasiakan para bikers minimal API SG/SF atau lebih baik JASO MA. Jenis oli yang bagus disertai anti slip kopling karena kopling hal yang vital untuk motor laki-laki ini. Sekedar info saja untuk motor produksi di bawah 2005 oli kode API SG/SFmasih bagus dengan vikositas 20w-50 seperti  prima xp, federal dll, untuk motor keluaran diatas 2005 kode API SL/JASO MA lebih disarankan seperti  repsol, Shell Advance SX4, Shell Advance VSX dan Enduro 4T racing, oli-oli ini umumnya 10w-40 jadi lebih encer. Dari segi harga, oli bervikositas 10w-40 lebih mahal harganya diatas Rp 40.000,00

Sumber referensi:
http://hqsa.blogspot.com/2012/03/oli-mesin-motor-untuk-berbagai-jenis_19.html

Makan malam di bahari seafood


                 Di malam liburan UTS sambil mengisi waktu luang, saya berdua dengan teman saya yang bernama yogi sedang berjalan – jalan hingga larut malam, dan tidak berasa waktu sudah menunjukka jam satu kurang 10 menit, lalu perut pun merasa lapar, dan kami memutuskan untuk makan bersama sebelum pulang.
                Setelah melihat – lihat tempat makan yang kami lewati, saya memutuskan untuk makan di sebuah tempat makan seafood yang bernama BAHARI SEAFOOD, tempat nya cukup terpencil dan nyelip di suatu gang, tetapi saya merekomendasikan makan di tempat itu karena saya tahu tempat makan tersebut cukup enak dan relative murah harga nya, cocok untuk kantong mahasiswa seperti saya.
                
                Di sana hanya terdapat segelintir orang yang makan di sana, karena waktu memang sudah cukup malam, dan saya pergi kesana di hari senin malam, yang memang waktu nya orang lain beristirahat karena bukan hari libur. Pelayan nya pun cukup banyak karena tempat makan tersebut memang cukup besar. Lalu ada seorang pelayan yang menghampiri kami dan menyodorkan menu yang terdapat di tempat makan tersebut. Setelah memilih – milih yang cukup lama, karena menu di situ cukup lengkap, dan akhir nya kami memutuskan untuk memesan cumi asam manis, udang saus tiram, dan sebagai minum nya kami memesan perasan jeruk hangat.
                
                 Sambil menunggu makanan kami datang, kami membakar rokok kami dan mengobrol – ngobrol ringan, setelah kurang lebih 15 menit berlalu akhir nya makanan yang kami pesan pun datang, dengan asap yang masih mengebul di makanan yang kami pesan, kami pun masih mengobrol ringan sambil menunggu makanan tersebut sudah cukup dingin, dan kami pun menyantap nya dengan rasa nafsu karena memang perut kami sangat lapar sekali. Teman saya yang bernama yogi itu pun menyantap makanan yang dia pesan yaitu udang saus tiram dengan sangat mantap, tanpa tersisa sedikit pun di piring nya, lalu saya menawarkan  nya untuk menambah nasi nya, tetapi dia menolak nya karena porsi di sana memang cukup banyak.
               
                 Setalah kami berdua menyelesaikan makan kami yang sampai tuntas sampai piring pun bersih, kami pun berdiam sejenak dan meminum perasan jeruk hangat yang sudah kami pesan, lalu si yogi pun membakar rokok nya kembaii karena dia bernaggapan setelah makan itu paling enak merokok, begitu yang dya bilang kepada saya. Lalu dengan mantap, saya pun mengikuti apa yang dia lakukan. Suara televise terdengar sangat jelas karena memang jarak kami dengan televise cukup dekat. Siaran televise tersebut sedang menyiarkan sebuah penghargaan ajang musik lokal, dan kami pun bernyanyi – nyayi bersama – sama karena perut kami sudah terisi penuh dan sangat malas untuk bergerak. Selagu demi lagu pun terlewati dan watu menunjukkan jam satu lewat tiga puluh lima menit, kami pun memanggil pelayan tersebut kembali untuk membayar makanan yang telah kami santap.
                
                 Setelah kami melihat bon yang telah di berikan oleh pelayan tersebut kami pun membayar nya. Di dalam bon tersebut tertulis makanan yang telah kami pesan tadi, yaitu udang saus tiram yang seharga dua puluh ribu, dan cumi asam manis pun berharga sama yaitu dua puluh ribu juga, lalu nasi dua porsi yang seharga enam ribu, dan yang terkahir  yaitu perasan jeruk hangat yang seharga sepuluh ribu dua gelas. Lalu kami pun membayar dengan seharga lima puluh enam ribu. Dengan porsi yang cukup banyak dan mengeyangkan kami  piker harga seperti itu cukup pantas, dan saya melihat selogan di tempat makan seafood tersebut yang berbunyi BAHARI SEAFOOD NYAMAN TEMPAT NYA, MURAH HARGA NYA, dan selogan itu memang benar. Lalu setelah berberes – beres dan bergegas pulang, kami pun menjauhi tempat makan tersebut sedikit demi sedikit dan akhir nya sampai di rumah masing  - masing dengan perut yang kenyang dan siap menyongsong pagi dengan hati yang senang.

Trip To Bandung


                Di hari minggu siang saya bersama teman – teman saya sedang asik mengobrol,bermacam – macam obrolan yang kami bicarakan, lalu ada salah satu dari teman saya yang berencana mengajak saya dan teman – teman yang lain nya untuk liburan sejenak untuk melepaskan stress dan beban di otak. Setelah berdiskusi beberapa lama tentang tempat mana yang bagus di jadikan tempat liburan nya, lalu kami semua setuju untuk berlibur ke daerah bandung, dan pada minggu itu ada libur panjang selama 4 hari dan hari pertama libur panjang itulah yang kami pakai untuk pergi ke sana.
               
                Lalu hari yang di rencanakan pun tiba, pada saat itu hari rabu waktu menunjukkan pukul 3 sore, sepulang saya kuliah teman saya pun langsung menghubungi saya untuk menyakan bagaimana soal rencana liburan nya?, lalu saya jawab dengan pasti bahwa liburan tersebut harus terealisasikan. Lalu saya menghubungi teman – teman yang lain nya agar bersiap – siap. Lalu waktu menunjukkan pukul 7 malam, udara sangat dingin karena sore nya habis di guyur hujan kami ber sepuluh siap untuk berangkat. Lalu berangkat lah kami ke bandung dengan menaiki mobil salah satu dari kami bersepuluh.
                
                Tujuan pertama kami adalah puncak pass di daerah bogor. Karena memang kami mengambil perjalanan malam maka jalan masih terangat sepi jadi kami memutuskan untuk tidak melewati tol, sembari menghemat biaya juga bisa menikmati perjalanan malam yang memang tidak kami targetkan sampai nya jam berapa, lalu setelah 2 jam lebih perjalanan sampailah kami di daerah puncak pass. Di sana kami beristirahat sejenak sambil berfoto – foto ada juga yang sambil makan, tempat yang kami singgahi tidak jauh dari lokasi masjid attawun, jadi suara shalawat masih cukup terdengar jelas di telinga kami, maklum saja karena pada saat itu adalah tahun baru hijriah atau tahun baru islam, maka banyak juga orang lain yang kesana.
                
                Waktu menunjukkan pukul setengah 2 malam, kami melanjutkan perjalanan  kembali, dengan mata yang masih segar kami melanjutkan tujuan berikut nya yaitu rumah teman kami yang berada di daerah cianjur, setelah menelepon teman kami yang tinggal di sana kami langsung tancap gas kesana, derah rumah nya sangat membingungkan karena memasuki daerah terminal, lalu keluar lagi ke arah galian pasir, lalu lanjut lagi sampai ke jalan setapak yang sudah tidak beraspal lagi alias masih daerah bertanah dan memang bukan jalur untuk mobil. Lalu sampailah kami di sebuah desa di daerah cianjur, lalu mobil yang kami tumpangi berjalan di tengah pematang sawah, yang hanya bisa di lewati satu mobil saja dan akhir nya sampailah kami di rumah teman kami. Di sana kami mengistirahat kan badan kami agar kembali segar. Ada yang baru sampai langsung tidur, ada juga yang tidak tidur sama sekali karena asyik nya mengobrol dengan teman kami yang di cianjur.
                Waktu menunjukan jam setengah 5 pagi, adzan subuh pun berkumandang, kami semua bangun untuk solat subuh berjamaah. Udara di sana masih dingin sekali sekaligus segar, belum tersentuh polusi yang berlebihan. Dan pada pukul 6 pagi sesudah sarapan kami pun bergegas pergi lagi untuk melanjutkan perjalanan kembali, setelah bersalam salam dengan teman kami di sana mobil pun beranjak pergi meninggalkan desa cianjur tersebut. Tujuan selanjutnya adalah cimahi bandung tempat saudara dari salah satu dari kami. Mobil pun melaju pasti ke tempat tersebut lalu pada pukul 8 pagi sampailah kami di tujuan terkahir kami, di sana kami di sambut hangat oleh saudara dari teman kami, kami di jamu dengan berbagai macam makanan khas kota bandung, lalu kami bergegas pergi ke tempat kolam renang untuk menyegarkan badan, tetapi ada juga yang sebagian hanya di rumah saudara nya teman kami untuk beristirahat. Setelah puas bermain, berfoto – foto, juga menyegarkan badan kami bersepuluh lalu di traktir bakso oleh om nya teman kami. Setelah kami merasa puas di sana, kami pun beranjak pulang, tak lupa kami berpamitan dengan saudara nya teman kami dan mengucapkan banyak terima kasih karena telah mengijinkan kami main di sana.
                
               Setelah semua persiapan pulang selesai, kami pun langsung beranjak dari daerah cimahi menuju Jakarta lagi. Memang sih bandung yang kami singgahi belum sampai ke kota bandung yang lebih luas, tetapi kami sangat puas dan senang telah mengunjungi nya. Setelah isi bensin dan membeli air dan makanan untuk di makan di jalan pulang, kami pun berjalan menuju tol cipularang dan langsung menuju Jakarta. Dan pada waktu menunjukkan pukul 3 sore, kahir nya kami tiba di Jakarta dengan keadaan selamat dan sehat wal afiat. 

KTRL


                Pasti orang bertanya Tanya ketika mendengar nama KTRL, apa itu KTRL? Nama makanan kah? Atau nama suatu daerah kah? Kali ini saya akan menjelaskan den menceritakan apa itu KTRL. KTRL adalah sebuah forum diskusi khusus kendaraan beroda dua atau yang sering kita sebut sepeda motor.
               
               Kepanjangan dari KTRL adalah KASKUS THAILAND AND RACING LOOK yaitu sebuah forum yang di buat saya sendiri pada social networking yang bernama KASKUS yang di buat oleh orang Indonesia sendiri. Sebelum terciptanya nama KTRL, awalnya forum tersebut bernama SHARING THAILAND AND RACING LOOK, pada forum tersebut membahas mengenai style sepeda motor yang di modif ala motor motor di Negara Thailand sana, yang memakai ban – ban kecil, velg berukuran 17” dan menggunakan jok super tipis. Dan yang pasti membahas bagaimana cara menjaga dan merawat tentang bagaimana agar motor tetap kinclong alias bersih.
               
               Awal nya kami hanya membahas topik – topik hanya di dalam forum tersebut, tetapi akhir nya kami sepakat untuk melakukan gathering, atau banyak yang sering menyebut nya sebagai kopdar atau kopi darat. Awal kopdar tersebut saya hanya bertiga teman saya saja yang datang, tetapi setelah di lakukan kopdar secara rutin sekarang sekali berkumpul bisa sampai 50 motor, kadang bisa lebih. Kopdar pun di rolling tempat nya agar tidak bosan dengan cara di voting atau pemilihan suara terbanyak untuk penempatan kopdar selanjutnya.
               
               Untuk yang ingin bergabung, kami sangat terbuka alias tidak ada syarat apapun bagi yang ingin bergabung, dan tidak di pungut biaya sepeserpun. Dan kami biasa nya berkumpul pada malam sabtu atau malam minggu, dan berkumpul nya itu 2 minggu sekali. Jika ingin mengunjungi forum kami bisa di lihat di kaskus di alamat KTRL.tk atau bisa juga gabung di grup facebook dan twitter agar bisa lebih kenal secara langsung satu dengan teman yang lain nya.

Cara mengaplikasikan rim/velg ukuran 17” ke Yamaha xeon


                   Pengaplikasian velg/rim berukuran 17” sedang banyak di aplikasikan ke motor matic, karena banyak modifkasi sekarang yang mengacu pada modif Thailand style, yang hampir semua nya menggunakan pelek yang awal nya berukuran 14” lalu di rubah menggunakan 17”.
                
                  Untuk kali ini saya akan member tahu tips dan trik cara pengaplikasian velg 17” ke Yamaha Xeon, karena pengaplikasian velg 17” ke Yamaha xeon lebih rada sulit di bandingkan matic yang lain, untuk pertama yang kita lakukan adalah pemilihan velg sebagai pengganti dari ori nya. Untuk kualitas sebaik nya untuk pemilihan velg jangan memilih asal – asalan, karena nanti malah akan berakibat fatal, untuk recommend saya menyarankan, untuk memakai velg dengan merek TK racing, Taksago excel asia atau TDR Racing, yang merupakan velg dengan range harga mulai dari 400rb- 600rb sepasang, jika kita punya budget lebih, akan lebih baik nya kita memakai kualitas no 1 yaitu DID alumunium racing atau Takasago excel rim yang harga nya di atas 1jt lebih/pasang.
                
                 Selanjutnya kita memilih pranti tromol, sebaik nya kita menggunakan tromol ori agar lebih terpercaya kuat nya, atau produk aftermarket yang kualitas nya sudah terpercaya seperti merek PKM dan Trusty, lalu jari – jari pun harus lah yg berkualitas baik, yaitu dengan menggunakan merek TDR atau Yaguso yang di produksi dari Thailand. Untuk ban semua merek saya rasa bagus, tetapi tergantung dengan pemakaian kita juga.

Langkah pertama yang kita lakukan yaitu mencopot bagian kaki – kaki Yamaha xeon kita, meliputi velg depan belakang, ass depan, knalpot, arm, dan cover radiator, lalu setelah piranti – piranti velg 17” kita sudah terpasang rapih dari tukang stel velg bias kita pasang mulai dari belakang dulu, sebagai yang kita ketahui shock belakang Yamaha xeon memang cukup empuk, oleh karena itu lebih baik kita mengganti nya oleh shock aftermarket yang bias di setel keras atau empuk nya atau dengan kata lain adjustable, pemilihan shock juga tidak bias sembarangan,menurut saya shock recommend itu adalah merek YSS dengan tipe Z series atau G+ , dan setelah velg belakang sudah terpasang, shock belakang harus kita setel rada keras, karena  dapat kalau tidak nanti ban akan menyentuh langit – langit spakbor belakang yang nanti nya akan merugikan kita, lalu pemilihan ban menurut saya maksimal itu berukuran 70/80 karena kalo lebih besar lagi malah akan mentok di spakbor belakang, setelan shock pun bias kita atur samapai sekira nya pas menurut kita.
Langkah selanjutnya adalah memasang velg depan nya, untuk memasangnya pun sedikit perlu di ubah sudut atau derajat moncong spakbor depan kita, dengan cara pertama kita lepas dlu spakbor depan kita, lalu pada baut yang kita lepas, kita tambahan kan ring berukuran 14 sebanyak 1 atau 2 buah saja, lalu kita pasang kembali spakbor depan kita, jangan lupa, untuk mengeraskan ke empukan shock depan kita dengan menambahkan minyak shock secukup nya agar shock depan kita agak sedikit keras, tetapi masih bias berfungsi agar tidak memperlambat umur shock kita, dan untuk pemilihan ban, ukuran 60/80 menurut saya sudah pas untuk pemakaian harian.

Setelah semua nya terpasang baru lah kita lihat perubahan tinggi Yamaha Xeon kita yang rada bertambah beberapa cm, dari yang awal nya masih memakai velg 14”, oia untuk mengingatkan penggantian velg 17 ke motor matic kita, memang dapat mengurangi safety riding dan control riding, jadi agar sebaik nya kita pikir - pikir sebelum mengutak ngatik kendaraan kita sendiri.