Senin, 29 April 2013

Kualitas Karya Tulis


Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
    a.  Topik yang menarik
    b.  Mudah dipahami oleh pembaca

Penjelasan :
a.    Topik yang menarik
Apa itu topik?  Dan topik seperti apa yang dikatakan menarik? Topik adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis membuat tulisan. Jadi menurut saya yang dikatakan topik yang menarik itu adalah inti atau maksud dari tulisan yang kita sampaikan tidak basi sehingga dapat membuat orang (pembaca) tertarik dan penasaran serta tanpa kita perintah mereka mengikuti atau mencari tahu perkembangan terhadap topik karya tulis kita. Dan topik yang dikatakan menarik memiliki faktor diantaranya :
·         Peristiwa apa yang terjadi ketika karya tulis dibuat?
·         Tokoh dalam peristiwa tersebut?
·         Bagaimana peristiwa itu terjadi?
·         Kapan dan dimana peristiwa itu terjadi?

b.    Mudah dipahami oleh pembaca
Artinya maksud dari karya tulis yang kita buat dapat tersampaikan dan dimengerti dengan baik oleh pembaca. Mudah dipahami atau tidaknya oleh pembaca dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya :
·         Penulisannya
Penulisannya simple, padat dan berisi. Maksudnya tidak terlalu banyak tulisan yang membuat pembaca menjadi jenuh dan bosan sehingga membuat pembaca tidak tertarik lagi untuk melanjutkan membaca.
·         Gaya bahasa
Menggunakan gaya bahasa yang baik dan benar, tidak menggunakan bahasa asing (tidak dimangerti oleh pembaca) seperti bahasa gaul, alay, dll.
·         Cara penyampaian
Menyampaikan maksud dari karya tulis kepada pembaca tidak berbelit-belit dan berfokus kepada inti pembicaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar