Rabu, 25 Juni 2014

Resmi, FIFA Bisa "Depak" Suarez dari Brasil

FIFA resmi mengumumkan proses disipliner terhadap striker Uruguay Luis Suarez, atas kasus gigitan atas bek Italia Giorgio Chiellini, pada laga terakhir Grup D, Piala Dunia 2014, Natal, Selasa (24/6/2014).

Komite disiplin FIFA telah mengambil tindakan retrospektif (meninjau kembali) kasus tersebut. Suarez terancam menghadapi hukuman larangan bermain yang panjang dan bisa membuatnya absen di pertandingan 16 besar melawan Kolombia, serta laga lain bila Uruguay melaju ke babak selanjutnya.

Kubu Uruguay dan Suarez telah diberi waktu sampai pukul 17.00 waktu setempat, Rabu (25/6/2014) untuk juga memberikan bukti-bukti terkait kasus tersebut.

"FIFA bisa memastikan bahwa proses disiplin terhadap pemain Luis Suarez dari Uruguay telah dibuka, menyusul pelanggaran dari Pasal 48 dan atau Pasal 57 dari Kode Disiplin FIFA selama Piala Dunia FIFA 2014 Brasil, pada pertandingan Italia-Uruguay, 24 Juni 2014," tulis FIFA dalam situs resminya.

"Pemain dan atau perwakilan Federasi Sepakbola Uruguay, juga diundang untuk memberikan  bukti dokumenter yang mereka anggap relevan sampai 25 Juni 2014, pukul 05:00 sore, waktu Brasilia," lanjut surat FIFA.

"Menurut pasal 77, A Kode Disiplin FIFA (FDC), Komite Disiplin FIFA bertanggung jawab memberikan sanksi pelanggaran serius yang telah luput dari perhatian para ofisial pertandingan. Selanjutnya, menurut pasal 96, jenis bukti dapat dihasilkan (ayat 1), khususnya yang diterima, laporan dari wasit, pernyataan dari para pihak dan saksi-saksi, barang bukti, audio atau rekaman video (ayat 3)."


sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar