Sabtu, 29 Maret 2014

Etika berbusana yang baik dan benar

Berbusana yang benar merupakan salah satu hal yang tidak dipisahkan dari etika itu sendiri. Pengertian mengenai Etika adalah salah satu bentuk moral, budaya, bentuk tatanan suatu sifat, dan tatanan perilaku setiap daerah yang ditempati. Hal ini mempengaruhi tentang nilai berbusana pada suatu daerah tertentu. Anda dapat mengatur posisi dari pakaian yang anda kenakan untuk perbaikan diri, sehingga menghasilkan etika yang bagus dalam keseharian anda. Tidak lupa untuk tetap berperilaku sopan kepada orang lain, itu akan menambah nilai busana yang anda kenakan.

Setiap Tempat memiliki busana yang tidak melanggar norma, aturan, dan kepatutan dalam lingkungan. Semisal di daerah sekolahan, bila mengenakan pakaian terbuka maka sebaiknya ditutupi. Hal ini akan menjadikan nilai tersendiri bagi yang melihatnya. Ketika seseorang bertatap muka dengan anda maka hal yang paling utama dilihat oleh seseorang adalah cara berpakaian anda. Jika anda menarik perhatian lawan jenis, maka hal tersebut akan memiliki makna dalam kehidupan anda. Sehingga untuk membuat orang lain suka kepada anda semakin mudah.

Mengikuti mode tetap sebaiknya sesuai dengan acara waktu dan tempat masing - masing daerah. Hindarilah menggunakan pakaian yang mencolok atau menarik perhatian, terutama ditempat umum. Hal ini dikarenakan untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan seperti kejahatan yang sering terjadi. Hindari berbusana yang menyulitkan bergerak atau melangkah, hindari aksesoris yang menimbulkan bunyi - bunyian, Hindarilah sepatu yang kurang nyaman atau bersuara keras. Pastikan busana sudah rapi dan jangan merapikan di tempat sembarangan.

Beretika memang sangat diperlukan dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Bila bersosialisasi dengan sesama manusia maka diperlukan tatakrama yang memulai dari etika berkomunikasi. Etika dirumah, sekolah, tempat umum, perjalanan, dalam berbusana serta dalam pergaulan. Anda dapat juga membaca artikel mengenai :"Cara Berpikir Positif Dengan Benar" untuk lebih jelasnya. Karena didalam artikel tersebut membahas mengenai cara orang berpikir, sehingga pergaulan atau tatanan dari pemikiran anda tercapai dengan baik.

Etika berpakaian sendiri dalam bersosialisasi dengan segala lapisan harus mengedepankan etika tersebut bila ingin dihargai. Tampilan berbusana adalah tampilan kualitas budaya kepribadian dan norma manusia. Sehingga etika itu tergantung juga pada faktor kondisi budaya, adat, agama, dan lingkungan. Terkadang etika tersebut tidak bersifat keseluruhan bila dalam kondisi yuang berbeda.

Etika itu sendiri ada beberapa macam yang tergabung dari beberapa sudut pandang norma dan kebiasaan. Antara Lain sebagai berikut ini :

Di tempat Umum

Sebaiknya berpakaian sopan, tidak mengumbar anggota tubuh tertentu yang membuat orang lain terus melihat. Berpakaian bersih rapi dan tidak berbau, harus sesuai dengan kondisi. Celana jins sebaiknya dipakai hanya dalam keadaan nonformal, dalam keadaan tidak formal maka sebaiknya mengkombinasikan dengan jas. Namun dalam keadaan formal sebaiknya tidak memakai jins.

Untuk memilih aksesories seperti gelang, topi, kaling, kacamata sebaiknya digunakan pasa saan kondisi dan suasana baik. Siasana formal seperti perkawinan memang harus berpakaian resmi atau baju formal. Memilih warna dan modek sepatu dan topi juga harus disesuaikan dengan keadaan dan waktu tertentu. Semua menyesuaikan kondisi demikian juga baju formal dan semi formal harus sesuai dengan keadaan umum.

Sebaiknya bila anda mengenakan pakaian di tempat umum jangan terlihat mencolok, menghindari orang yang mencurigakan, selalu waspada terhadap barang anda, dan jangan terlalu berlebihan mengenakan asesories yang dapat menarik perhatian orang lain. Sehingga hal inilah yang perlu anda perhatikan supaya selamat dalam berpakaian di tempat umum.

Di Sekolahan

Sebaiknya menggunakan baju atasan biasanya dimasikan, tidak dikeluarkan, dan agar lebih rapi maka siswa maupun siswi menggunakan sabuk agar terlihat sempurna. Siswa dan siswi diwajibkan menggunakan atribut sekolah lengkat seperti nama, bet, lokasi, logo dan sebagainya. Pakaian seragam yang dikapai hendaknya tidak transparan, tidak terlalu ketat dan longgar.

Jika anda berada disekolahan atau di tempak kuliah anda, maka hal yang perlu anda perhatikan adalah pendidikan formal. Yaitu berpakaian rapi, memakai baju dan bukan kaos, bersepatu, celana panjang dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan dosen atau guru yang akan mengajar dapat anda hargai dengan busana yang anda kenakan. Sehingga guru atau dosen dapat memberikan pengalamannya dalam belajar kepada anda semakin baik dan dapat dimengerti secara detail.

Di Tempat Kerja

Jika anda berada ditempat kerja maka kenakanlah busana yang rapi. Jika anda pegawai maka sebaiknya menggunakan baju yang baik dan enak dipandang, serta dapat menarik pandangan orang lain yang berada ditempat kerja anda. Sehingga pekerjaan anda semakin ringan untuk dikerjakan. Ketertarikan anda dalam membangun karier terletak dari busana yang anda kenakan. Memang belum banyak orang yang memperhatikan busananya namun hal tersebut pasti akan merubah kehidupan anda dalam bekerja dengan baik serta menghasilkan perubahan yang baik.

Pekerjaan itu memang harus dilakukan demi terciptanya suatu kehidupan yang mapan, baik dan sejahtera. Namun hal yang paling utama adalah bagaimana untuk dapat memberikan suasana yang lebih harmoni, yaitu dengan berbusana yang pantas dan enak dilihat. Orang akan menilai anda dari segi busana bawah dan atas. Terlebih dari cara anda memakainya, itu akan sangat diperhatikan oleh orang lain bawasanya anda memperhatikan seluruh tatanan dari busana yang anda kenakan.

sumber : http://artikelasli.blogspot.com/2014/01/etika-berbusana-yang-benarn.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar