Selasa, 01 Mei 2012

Jenis Keputusan


Terdapat beberapa jenis keputusan dalam proses pengambilan keputusan.Berdasarkan keputusan yang harus diambil oleh level manajemen di perusahaan jenis keputusan terdiri atas: 
1. Keputusan Strategis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuh perusahaan.
2. Keputusan taktis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah

3. Keputusan operasional, adalah keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling bawah, misalnya operator mesin di lantai produksi.
Berdasarkan tersedianya pemecahan masalah, jenis keputusan yang biasanya muncul adalah:
• Keputusan Terprogram. Keputusan ini berkaitan dengan kebiasaan, aturan, dan prosedur. Dalam hal ini kondisi yang dihadapi semuanya dapat diketahui dengan pasti.
• Keputusan tidak terprogram. Keputusan tidak terprogram ini adalah keputusan yang tidak mempunyai suatu aturan yang baku, tergantung pada jenis masalahnya. Biasanya, masalah yang membutuhkan keputusan tidak terprogram ini terjadinya tidak dapat diprediksi.
• Keputusan tidak terstruktur.disebut tidak terstruktur karena tidak diketahui pemecahannya karena ketidakjelasan masalahnya.
Contoh nya pada keputusan terprogram adalah keputusan tentang peraturan berlalu lintas dan keputusan tentang peraturan perkuliahan.
Dan contoh untuk keputusan tidak terprogram adalah jika ada seorang anak kecil yang tertangkap tangan mencuri tetapi tidak langsung di hukum pidana dan di masukkan ke dalam penjara, tetapi dia akan di beri pengarahan agar tidak melakukan nya kembali, karena menurut hukum umur anak kecil tersebut belum sampai umur 17 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar